Pages

Senin, 02 Maret 2015

7 kegiatan buruk setelah makan

21setelah-makan-jangan-la.jpg

Makan adalah kebutuhan primer semua orang, rata-rata orang makan adalah tiga kali sehari.
Makan juga mampu menambah energi dalam tubuh dan menyuplai berbagai nutrisi dalam tubuh.
Akan tetapi jika pola makan kita tidak teratur maka akan menimbulkan dampak negatif tersendiri bagi kesehatan dalam tubuh.
Kebiasaan buruk sebelum makan atau sesudah makan juga dampaknya sangat besar untuk membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit.
Jadi ketahuliah bahwa kegiatan apa saja setelah makan yang dapat memperburuk kesehatan dalam tubuh. Berikut ini akan saya kasih penjelasannya.
  • 1. Makan buah setelah makan. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh orang yang mampu. Mereka mengira bahwa memakan buah itu akan dapat menambah nutrisi dalam tubuh. Tapi siapa sangka, memakan buah setela makan justru tidak dianjurkan. Karena akan membuat gejala kembung, diare, sembelit, dan sebagainya. Setidaknya makanlah buah 1-2 jam setelah atau sebelum makan.
  • 2. Minum teh. Jika kamu sering pergi makan ke warung atau restoran, sebaiknya sesudah makan jangan minum teh atau es teh. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sering meminumnya setelah makan dirumah. Sebab teh dapat menghambat perut dalam mencerna protein. Tanin dalam teh yang memengaruhi makanan sulit dicerna. Selain itu, teh mengganggu penyerapan zat besi dalam usus. Kopi dan susu juga tidak dianjurkan saat setelah makan. Air Putih adalah teman yang paling pas buat kamu setelah makan.
  • 3. Efek buruk rokok meningkat 10 kali lipat kalau menghisapnya seusai makan. Merokok setelah makan mungkin menjadi hal yang lumrah bagi para perokok saat ini. Namun tahukah kamu efek buruk dari rokok bisa meningkat 10 kali lipat saat dikonsumsi setelah makan.
  • 4. Mandi setelah makan Mandi setelah makan akan sangat buruk dampaknya bagi kesehatan. Sebab dapat memengaruhi peningkatan jumlah aliran darah di permukaan tubuh. Sebaliknya, jumlah aliran darah di usus dan lambung menurun. Akibatnya, fungsi cerna pada lambung dan usus menurun.
  • 5. Setelah makan Berikan jeda waktu 1 jam sebelum berolahraga Berolahraga memang sehat, akan tetapi kalau dilakukan setelah makan ? Akan berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya bagian pencernaan. Karena berolahraga setelah makan tanpa jeda akan membuat beban rongga perut meningkat.
  • 6. Melakukan hubungan intim. Pada waktu tubuh mencerna makanan terjadi penggunaan energi yang cukup besar. Jika langsung bercinta, energi tubuh berkurang lebih cepat. Makanan pun belum sempat dimetabolisme menjadi energi.
  • 7. Mengendarai mobil. Mengendarai mobil setelah makan tanpa jedah akan berakibat buruk pada otak kita. Sebab Penggunaan energi yang besar oleh tubuh dalam mencerna makanan kadang menjadikan otak besar kekurangan darah untuk sementara. Ini berpengaruh pada menurunnya konsentrasi. Dan bisa menimbulkan efek lainnya saat berkendara.

0 komentar:

Posting Komentar